Artikel
Keamanan
Internet
Kerahasiaan nasabah adalah landasan
pokok bisnis kita di Credit Suisse. Karenanya, memastikan keamanan data
nasabah merupakan salah satu prioritas kita yang utama.
Meskipun Credit Suisse sudah menerapkan berbagai praktik dan
tindakan keamanan untuk melindungi kerahasiaan informasi nasabahnya, namun
sebagai pengguna akhir, Anda tetap memainkan peranan penting dalam perlindungan
terhadap risiko seperti serangan virus, akses tak berwenang, dan transaksi
online palsu.
Di bawah ini adalah praktik-praktik terbaik dan panduan
untuk membantu Anda melindungi diri dan memahami peranan Anda terkait dengan
Internet. Panduan ini berlaku bagi nasabah perorangan dan institusi.
Penipuan Internet dan Phishing
(Pengelabuan)
Phishing, tindakan yang menggunakan email palsu dan salinan
situs web legal untuk mendapatkan data keuangan dan informasi pribadi lainnya
dari pengguna komputer yang tidak waspada, terus berkembang dengan cara yang
semakin canggih dan nasabah lembaga keuangan semakin sering dijadikan target
penipuan semacam ini.
Karena materi phishing sering kali terlihat asli dan tampak
seperti berasal dari orang, organisasi, lembaga, dan situs web yang nyata,
langkah-langkah pengamanan berikut ini disarankan untuk diikuti:
Langkah Pengamanan Email:
- Berhati-hatilah saat mengklik tautan, membuka lampiran, atau mengunduh file dari email, apa pun jenis filenya atau siapa pun yang mengirimkannya.
- Jangan sekali-kali membuka situs web menggunakan tautan yang disediakan dalam email yang mencurigakan. Tautan dan alamat pengirim email dapat dipalsukan.
- Hindari memasukkan informasi pribadi yang sensitif dalam pesan email. Langkah yang lebih baik adalah menghubungi perusahaan secara langsung.
- Waspadalah terhadap setiap permintaan agar Anda melakukan tindakan segera (mis: “Security Check/Pemeriksaan Keamanan”, “Activation/Aktivasi”, “Verification/Verifikasi” atau permintaan apa pun untuk mentransfer uang atau melakukan pembayaran lainnya).
Langkah Pengamanan Perbankan dan
Layanan Keuangan Online:
- Selalu ketikkan alamat situs web (URL) resmi saat hendak masuk ke lembaga keuangan Anda.
- Saat masuk ke situs web tersebut, periksa adanya huruf 's' tepat di belakang awalan “http” dan ikon gembok terkunci di sudut kanan bawah layar web browser Anda. Ini menunjukkan bahwa baik situs maupun koneksi Anda ter-enkripsi.
- Pelajari kebijakan privasi situs web layanan keuangan dan panduan untuk tetap aman selama online.
- Waspadalah terhadap setiap permintaan agar Anda mengungkapkan atau memastikan informasi tentang diri Anda atau rekening Anda, khususnya kata sandi atau informasi lain yang dapat digunakan oleh penyedia layanan keuangan untuk mengenali Anda (mis. tanggal lahir, nama-gadis ibu).
Langkah Pengamanan Sistem Komputer:
- Selalu perbaharui perangkat lunak komputer (mis: patch sistem, anti-virus, dan anti-spyware) dengan patch keamanan terbaru.
- Hubungi lembaga terkait dengan segera jika Anda melihat ada sesuatu yang tidak semestinya dengan rekening bank Anda atau rekening online lainnya.
- Jika komputer dan/atau koneksi Internet Anda tampak bermasalah atau macet tidak seperti biasanya selama sesi perbankan online, putuskan koneksi dan hubungi bagian bantuan IT bank tersebut untuk meminta bantuan.
Komunikasi yang tidak diminta
Penipuan email merupakan cara yang banyak dipakai pencuri
untuk mencuri informasi Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh metode yang
digunakan:
- Email penawaran ilegal yang mengiklankan penjualan berbagai barang dengan harga diskon atau harga yang tidak realistis guna mendapatkan informasi kartu kredit atau informasi keuangan lainnya. Biasanya, produk yang dibeli tidak pernah dikirim.
- Penipuan melalui permintaan bantuan biasanya menawarkan sejumlah besar uang kepada penerima sebagai imbalan atas bantuan keuangan. Contoh yang umum misalnya dengan meminta informasi rekening bank pengguna untuk memfasilitasi penyetoran ke rekening pengguna. Informasi ini kemudian kemungkinan besar akan digunakan untuk tujuan penipuan.
- Email dengan pengirim palsu ditampilkan seolah-olah berasal dari eksekutif sebuah organisasi (mis: John Doe, CEO). Email ini sering kali meminta informasi pribadi atau rahasia dan mungkin memberi penawaran “khusus” untuk memancing jawaban.
Saat menghubungi lembaga keuangan Anda atau pengirim untuk
memastikan permintaan informasi, gunakan hanya nomor telepon yang berasal dari
sumber yang terpercaya (mis: sisi belakang kartu bank Anda, buku telepon, atau laporan
bank).
Credit Suisse akan menghubungi nasabah secara berkala
melalui berbagai saluran seperti email dan telepon, tetapi tidak akan pernah
meminta agar nasabah menyediakan data perbankan elektronik tanpa diminta oleh
nasabah.
Pesan spam adalah email yang dikirim dengan target tertentu,
secara missal dan tidak diminta. Email ini dapat
berisi tawaran untuk membeli berbagai hal, mencoba mengajak Anda berbisnis,
atau mengundang Anda mengunjungi sebuah situs web. Sayangnya, meskipun tawaran
ini mungkin terlihat legal, banyak orang sudah kehilangan uang akibat
menanggapi tawaran yang sering kali palsu.
Berikut
ini adalah beberapa kiat untuk membantu Anda menghindari tipuan spam:
- Lindungi informasi Anda. Jangan membagikan informasi pribadi atau keuangan apa pun dengan organisasi atau individu yang identitasnya belum dipastikan atau meragukan.
- Tanyakan penyedianya. Ketahui siapa pengelola bisnis itu dan informasi kontaknya.
- Waktu berpihak kepada Anda. Waspadalah terhadap email yang membujuk Anda untuk “bertindak segera.”
- Baca tulisan dengan huruf berukuran kecil. Semua kontrak harus dalam bentuk tertulis dan harus dipelajari dengan saksama sebelum mengirimkan pembayaran apa pun.
- Waspadalah terhadap penawaran gratis. Jangan sekali-kali melakukan pembayaran atau memberi informasi keuangan demi memperoleh barang gratis. Jangan pernah membeli apa pun yang diiklankan dalam pesan yang tidak diminta.
- Jadilah proaktif dalam melindungi data Anda. Sebaiknya Anda melakukan evaluasi secara berkala risiko yang Anda hadapi ketika melakukan bisnis online dan ambil langkah yang tepat untuk memastikan bahwa aktivitas dan data bisnis Anda terlindungi.
Cara Menghubungi Credit Suisse
Hubungi Credit Suisse jika Anda menemukan aktivitas rekening
yang mencurigakan atau mengalami kejadian yang terkait dengan keamanan
informasi.
Saat ini, teknologi telah berkembang dengan sedemikian pesat
melewati berbagai penelitian dan percobaan. Sampai pada masa dimana penyebaran
informasi telah menjadi sesuatu yang dapat dilakukan dalam waktu singkat dan
melewati jarak ribuan kilometer. Proses komunikasi menjadi jauh lebih mudah dan model
komunikasi pun berkembang pesat. Salah satu yang diuntungkan dengan perkembangan ini adalah proses bisnis.
Perkembangan informasi telah melahirkan proses bisnis baru yang seluruhnya
bergantung pada jaringan internet
Perkembangan ini selain membawa dampak baik namun ternyata
juga membawa ancaman lain. Proses komunikasi melalui internet tanpa disadari
juga membawa ancaman lain. Banyak serangan yang berbasiskan internet terjadi
setiap tahunnya. Bahkan jumlah yang besar itu masih merupakan estimasi kasar
dari jumlah sebenarnya yang dinilai jauh lebih besar. Karena penyerangan yang
terjadi banyak yang tidak disadari oleh korban. Kerugian yang terjadi juga
tidak mungkin dinilai secara akurat.
Namun ancaman tersebut bukan ada tanpa pencegah. Berbagai
metode keamanan terus dikembangkan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan
oleh serangan berbasiskan internet .Berbagai metode pencegahan pun bermunculan
dari yang paling sederhana dengan mewaspadai konten-konten internet tertentu,
hingga yang paling rumit yang melibatkan enkripsi tingkat tinggi yang
membutuhkan waktu berhari-hari untuk dipecahkan dengan brute force.
Sumber:
Ringkasan :
Kerahasiaan nasabah adalah landasan
pokok bisnis kita di Credit Suisse. Karenanya, memastikan keamanan data
nasabah merupakan salah satu prioritas kita yang utama. Salah satunya
masalahnya ialah Pengamanan Perbankan dan Layanan Keuangan Online.
Langkah-langkah
pengamanannya adalah pelajari
kebijakan privasi situs web layanan keuangan dan panduan untuk tetap aman
selama online, waspadalah
terhadap setiap permintaan agar Anda mengungkapkan atau memastikan informasi
tentang diri Anda atau rekening Anda, khususnya kata sandi atau informasi lain
yang dapat digunakan oleh penyedia layanan keuangan untuk mengenali Anda (mis: tanggal lahir, nama-gadis ibu).
Hasil yang
diperoleh ialah Proses
komunikasi menjadi
jauh lebih mudah dan model komunikasi pun berkembang pesat. Salah satu yang
diuntungkan dengan perkembangan ini adalah proses bisnis. Perkembangan informasi telah
melahirkan proses bisnis baru yang seluruhnya bergantung pada jaringan internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar