Sabtu, 06 Oktober 2012

Manfaat madu untuk kecantikan


1. sebagai masker madu
Masker madu dipercaya dapat menghambat penuaan dini dan kulit keriput, yaitu dengan mengoleskan madu murni ke seluruh bagian wajah kecuali pada area bibir dan mata. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit dan biarkan mengering. Kemudian basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

2. Mandi madu untuk kulit berkilau
Caranya adalah saat mandi, oleskan madu ke seluruh bagian kulit sambil ditepuk-tepuk nah saat ditepuk itu madu akan lengket dan mengering di kulit. Langkah terakhir adalah basuh seluruh tubuh dan rasakan sensasinya.

3. Scrub madu
Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa membuat campuran 1 sendok teh madu dicampur sedikit tepung almond. Gosokkanlah campuran tersebut ke area wajah. Setelah selesai basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.


4. Menyejukan kulit (untuk kulit berjerawat ringan)
Campurkan 1/2 cangkir air hangat dengan 1/4 sendok teh garam. Dengan menggunkan cotton bud, oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit untuk melembutkan bagian tersebut. Gunakan kapas, oleskan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.
5. Masker pengencangan wajah
Dari beberapa penelitian terungkap, madu yang dipergunakan sebagai masker wajah sangat efektif menghambat proses penuaan dini dan keriput. Oleskan madu murni pada wajah dan biarkan selama kira-kira 15 menit hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah dengan air hangat.
6. Pembersih wajah
Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.
7. Rambut berkilau
Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut dengan shampo seperti biasa lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.
8. Conditioner rambut
Madu juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Campurkan 1/2 cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut seperti biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar